Large Rainbow Pointer

Pendekatan Pengalaman Bahasa

{ Minggu, 17 Maret 2013 }
Pendekatan pengalaman bahasa adalah pendekatan pengajaran membaca bagi anak pada umumnya. pendekatan ini memadukan perkembangan anak dalam keterampilan mendengarkan, bercakap-cakap, menulis, dan membaca. Dimulai dengan anak berceritra kepada guru tentang pengalaman pribadinya, selanjutnya guru menuliskan ceritra anak tersebut, dan setelah tulisan selesai berupa sebuah teks, kemudian dibaca bersama. Bahan bacaan yang ditulis oleh guru bersama- sama dengan anak didasarkan atas pengalaman pribadi anak. Hal ini sesuai dengan definisi yang dikeluarkan oleh
 Glossary of Literacy Terms (2009), adalah:

“The language experience approach is an approach to reading instruction based on activities and stories developed from personal experiences of the learner. The stories about personal experiences are written down by a teacher and read together until the learner associates the written Form of the word with the spoken.”

 Sedangkan pengertian pendekatan pengalaman bahasa (Language Eperience Approach) menurut Westwood, (2007:101). Dapat disimpulkan dari kalimat pernyataan di bawah ini:
“What I know about, I can talk about. What I say can be written down by someone. I can read what has been written. “

Adapun pengertian Pendekatan pengalaman bahasa menurut Abdurrahman,  (2003:216) Tidak berbeda Dengan  pendapat  sebelumnya. Pendekatan pengalaman bahasa adalah pendekatan pengajaran membaca bagi anak pada umumnya. Pendekatan ini memadukan perkembangan anak dalam keterampilan mendengarkan, bercakap-cakap, menulis dan membaca. Bahan bacaan didasarkan atas pengalaman anak. Pendekatan ini menurut Abdurrahman didasarkan atas pandangan:

“Apa yang dapat saya pikirkan, dapat saya katakan. Apa yang dapat saya katakan, dapat saya tulis.  Apa yang dapat saya tulis, dapat saya baca”  Saya dapat membaca yang ditulis orang lain, untuk saya baca.

Pendekatan pengalaman bahasa adalah pendekatan yang didasari oleh bahasa dan pengalaman anak-anak (AshtonWarner,1965; Lee & Allen,1963; Stauffer,1970 dalam Eisenhauer, 2009). Pada pendekatan ini anak-anak mendiktekan kata-kata dan kalimat tentang pengalaman mereka, kemudian guru menuliskannya untuk anak-anak. Teks yang mereka kembangkan menjadi bahan bacaan. Karena bahasa datang dari anak yang menceritakan pengalamannya sendiri, maka biasanya mereka dapat membaca teks itu dengan mudah. Membaca dan menulis bagi siswa berkaitan dengan keterlibatan aktif dalam membaca apa yang telah mereka tulis.

 Pengalaman adalah suatu modal dasar dalam mendorong anak agar mau belajar menulis dan membaca. Dalam hal ini murid dan guru berdiskusi mengenai pengalaman anak sebelumnya. Maksud dari percakapan adalah untuk melatih kemampuan pengucapan kata-kata anak, dan melatih kemampuan menulis,  sekaligus melatih kemampuan membaca. Menuliskan cerita berdasarkan pengalaman anak dan dibaca kembali oleh anak menjadikan pendekatan pengalaman bahasa ini menarik dan sempurna. (Eisenhauer, 2009). Dalam prakteknya, pendekatan ini dimulai dengan pertanyaan terbuka, misalnya, “Apa pengalamanmu kemarin yang belum diceritrakan?.” Hari ini kalian akan berceritra mengenai pengalaman itu, kita akan menuliskannya bersama-sama dan kemudian kita akan membacanya bersama-sama.” Guru menulis pengalaman anak tersebut dalam selembar kertas. Teks tulisan untuk dibacakan anak, dibuat bersama dengan anak, kalau perlu dibuat gambar yang mendukung peristiwa yang diceritrakan anak agar lebih menarik. Guru menuliskannya dengan rapi, dan teliti. Tulisan dibuat sesuai dengan ejaan yang baku. Guru dapat mengadakan perubahan pada bahasa anak yang kurang sempurna dengan teliti dan hati-hati, agar anak tidak merasa bahwa bahasanya rendah dan tidak berbobot.

Guru meneruskan pendekatan ini, dengan selalu bertanya tentang pengalaman anak, dan menuliskannya bersama-sama sampai anak tidak ragu-ragu dalam berceritra, menulis dan membaca kembali apa yang telah mereka tulis. Hal ini sangat menarik karena dengan pendekatan ini anak menjadi lebih akrab dengan guru. Selain itu keuntungan yang didapat anak adalah bahwa anak dapat belajarmenulis mengikuti kecepatan guru. Selanjutnya setelah teks bacaan ditulis bersama-sama, guru member ontoh membaca dengan suara yang nyaring. Memfokuskan pada setiap kata. Setelah itu anak diminta membacakan tek yang telah ditulisnya dengan suara nyaring. Membaca nyaring ini mengingatkan anak tentang isi teks yang berisi pengalamannya, sekaligus mempraktekkan bagaimana membaca dengan suara nyaring dan intonasi yang tepat. Setelah pendekatan pengalaman bahasa ini, anak akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya; menambah wawasan dalam menulis, dapat membaca teks yang mereka tulis, membawa teks pulang ke rumah untuk dikoreksi di rumah, menambah koleksi teks sebagai bahan bacaan, dan memilih kata-kata yang menarik dalam teks, untuk dijadikan motivasi agar ia suka belajar membaca. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan dalam Glossary Of Literacy Terms (2009). Mengenai keuntungan yang diperoleh dari penerapan pendekatan pengalaman bahasa adalah; bahwa anak dalam waktu yang bersamaan dapat belajar menulis, belajar menggambar, belajar bahasa, dan sekaligus belajar membaca.

Dengan menuliskan ceritra tentang pengalamannya, hal ini dapat memelihara kreatifitas anak. Membantu anak dalam memahami, bahwa apa yang mereka pikirkan, dan mereka katakan dapat ditulis. Memberi perhatian kepada anak, dan menunjukkan bahwa bahasa mereka bernilai atau berbobot. Memberikan materi membaca yang prediktif dan mudah dibaca, karena materi bacaan menggunakan bahasa anak yang alamiah (natural). Pendekatan pengalaman bahasa adalah pendekatan yang efektif untuk membantu anak dalam menumbuhkan motivasinya agar suka membaca. Pada suatu kasus anak tidak mau membaca karena tidak ada motivasi dalam membaca. Tetapi setelah anak diberikan bacaan yang berisi pengalamannya yang telah ditulis oleh guru, anak mau membaca apa yang telah ditulis tersebut. (Eisenhauer, 2009). 

Dengan penggunaan pendekatan pengalaman bahasa ini guru mengembangkan keterampilan anak untuk membaca, yaitu dengan menggunakan teks bacaan yang dibuat berdasarkan pengalaman nyata anak. Pada mulanya anak diminta untuk menceritakan pengalamannya kepada guru, kemudian gurumenuliskan pengalaman anak tersebut pada papan tulis atau kertas.


(Saya mencari materi ini benar-benar susah dan banyak mengalami kesulitan, dan   akhirnya saya menemukan materi ini di situs resmi Universitas Pendidikan Indonesia, itu pun dalam bentuk PDF jadi saya harus mendownload dahulu, Semoga postingan ini bermanfaat, SUMBER : Upi.edu  )

Short Story For Elementary School

{ Sabtu, 16 Maret 2013 }

THE TORTOISE AND THE HARE

Once upon a time there lived a hare. The hare could run very fast. It was proud of its speed. One day, the hare saw a tortoise walking very slowly. The hare laughed at the tortoise and said, 
“Oh! You are so slow,  hahahaha !” The tortoise said,
“My dear friend, you are so proud. Let’s have a race to see who is faster.”

So the hare and the tortoise had a race. The hare ran very fast and very far. Then it look back at the tortoise. The tortoise was far behind the hare. It was walking so slowly! The proud hare thought,

“The tortoise will take a very long time to come near me. Let me have a nap.” 
So it stopped running and went to sleep.
The tortoise slowly but steadily went past the hare. The tortoise walked and walked and never ever stopping until the finishing line.  The hare suddenly woke up and saw the tortoise just crossing the finishing line. The hare started running very fast. But it was too late. The tortoise had already won the race.

the hare run very fast 

the hare sleep under the tree


 Sumber : google (lupa lagi situsnya)



Ringkasan Cerita Nice Guy Full

{ Sabtu, 09 Maret 2013 }

K-drama Nice Guy ini menceritakan tentang balas dendam yang penuh dengan romantika percintaan yang rumit. Dikisahkan ada sepasang kekasih yang saling mencintai yaitu Kang Ma roo (diperankan Song jong ki ) dan Han Ja Hee ( diperankan Park Si Yeon ). Pada saat itu Kang Ma Roo kuliah di kedokteran dan Han Ja Hee kuliah dalam bidang reporter, mereka saling berjanji akan hidup bersama jika mereka telah lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan. Sepasang kekasih ini saling mencintai satu sama lain mereka saling menguatkan untuk bisa bertahan hidup .

Kang Ma Roo dan Han Ja Hee pada saat Kuliah dan saling berjanji 


pada saat han ja hee lulus

Kini Han Ja Hee telah menjadi reporter, pada suatu ketika Han Ja Hee diperlakukan senonoh oleh seorang pria di kamar hotel lalu Han Ja Hee melempar botol ke kepala lelaki itu untuk menghindari,  ternyata lelaki itu terluka parah dan kehilangan banyak darah. Ja Hee  langsung menghubungi Kang Ma roo yang pada saat itu menjadi kekasihnya. Tak lama kemudaian Ma roo datang ke hotel, ia rela meninggalkan adiknya yang sedang sakit di rumah demi Han Ja Hee. Setelah Ma Roo memeriksa ternyata lelaki tersebut telah meninggal.  Kang Ma Roo mengatakan bahwa Ja hee harus menyerahkan diri pada polisi untuk kasus pembunuhan, ia mengatakan bahwa Ja Hee akan mendapatkan keringanan karena ia melakukannya karena untuk membela diri.  Namun Ja Hee tak mau melakukannya , karena Ma Roo sangat mencintai Ja Hee  akhirnya Kang Ma Roo yang menggantikan Ja hee di penjara, ia berpura-pura bahwa ia yang melakukan pembunuhan. Dalam kasus ini Ja hee sangat berterima kasih pada Ma Roo karena ia mau menebus kesalahan Ja Hee, ia berjanji akan membalas kebaikan Kang Ma Roo. Akhirnya Kang Ma roo mendekam di penjara selama 5 tahun, ia dkeluarkan dari kuliah kedokterannya sementara Han Ja Hee masih tetap menjadi reporter dan menikmati kebebasan. 

5 tahun kemudian Kang Ma Roo keluar dari penjara dan berniat ingin menemui Han Ja Hee dan apakah kalian tahu ? ternyata Han Ja Hee telah menikah dengan presiden perusahaan Taesan dan lebih parahnya lagi ia telah memiliki seorang anak laki-laki dari hubungan gelapnya itu. (Jahat banget si Han Ja Hee, tega ya ngelakuin hal ini). Ma roo benar-benar merasa sangat dikhianati oleh Ja Hee. Kang Ma Roo berniat untuk membalas dendamnya pada Han Ja Hee. Ia memulai balas dendam dengan mendekati putri presiden Taesan yaitu Seo Eun Gi (diperankan oleh Moon Chae Woon). Kang Ma Roo memperalat Seo Eun Gi untuk membalaskan dendamnya pada Han Ja Hee. Karena Seo Eun Gi adalah anak tiri Ja Hee. Ia mulai menjalin hubungan dengan Eun gGi tanpa didasari rasa cinta namun ternyata Seo Eun Gi tulus mencintai Kang Ma Roo, padahal Kang Ma Roo mendekati Eun Gi hanya sebatas memperalat. Suatu hari akhirnya Ma Roo menceritakan pada Eun Gi tujuan mendekatinya, hal ini jelas saja membuat Eun Gi marah dan terpkul, mulai saat itu Eun Gi sangat membenci Kang Ma Roo. 

silsilah kehidupan mereka, eun gi adalah anak presiden taesan, dan presiden tae san
menikah dengan Han ja hee jadi eun gi anak tiri han ja hee


Jae Gil sahabat Ma Roo


Ma Roo dan  Cho co (adiknya)

kang cho co cantik bgt

Akhirnya Seo Eun Gi mengalami kecelakaan di terowongan, ternyata ia menabrak mobil Kang Ma Roo mereka saling bertabrakan. Akibat kecelakaan tersebut Eun Gi mengalami kerusakan otak atau amnesia.  Dalam ingatannya Seo Eun Gi hanya mengingat bahwa Kang Ma Roo adalah laki-laki yang baik. (Justru jahat karena udah ngemanfaatin Eun Gi) Kang Ma Roo merasa bersalah atas apa yang terjadi pada Seo Eun Gie. Melalui kejadian itu Kang Ma Roo menjadi bersikap baik pada Eun Gi, ia memperlakukan Eun Gi sebaik mungkin. Ia berpura-pura menjadi tunangan Seo Eun Gi demi menyelamatkan Perusahaan Taesan. Diam-diam ternyata Kang Ma Roo menyimpan perasaan pada Eun Gi, ia menyadari bahwa ia mulai mencintai Eun Gi, ia tidak memanfaatkan Eun Gi lagi, sekarang ia tulus mencinta Eun Gi. Eun Gi pun merasa bahagia karena memiliki Kang Ma Roo di dunia ini. 

Akhirnya ingatan Eun Gi telah pulih, ia sadar bahwa Kang Ma Roo bukanlah orang baik, ia menganggap bahwa Kang Ma Roo masih sama seperti dahulu yang memperalat Eun Gi untuk balas dendam pada Han Ja Hee. Eun Gi ingin balas dendam pada Kang Ma Roo (padahal kang ma roo udah berubah, sekarang ia sudah tulus mencintai eun gi) . Kang Ma Roo siap menerima apapun yang dilakukan Eun Gi padanya karena ia merasa bersalah. Tapi pada akhirnya tetap saja di dalalm hatinya, Eun Gi masih mencintai Ma Roo. Suatu hari Ma Roo harus menjalani operasi ia telah menjalani perwatan di RS namun sebelum operasi ia ingin bertemu dengan Eun Gi.  Eu Gi mendatangi Rumah Sakit lalu menuju  kamar Ma Roo, namun Eun Gi tidak masuk ke kamar Ma Roo, ia hanya berdiri depan kamar kemudian pulang. Ma Roo medapat kabar bahwa Eun Gi menjenguknya, Ma Roo terlihat bahagia ia langsung  keluar kamar, ia berlari mencari  Eun Gi. Akhirnya Ma Roo berhasil menemukan Eun Gi pada saat menunggu lampu hijau untuk menyebrang, mereka bersebrangan. Ternyata Eun Gi sudah tidak menyimpan dendam lagi pada Ma Roo (sayangnya ini ada di episode akhir).   Pada saat lampu hijau berjalan mereka saling menghampiri, tiba-tiba di belakang Eun Gi ada si Min Young , Ma Roo meyadari pasti dia akan melakukan sesuatu pada Eun Gi. Maroo langsung berlari mendekati Eun Gi dan memeluk Eun Gi dengan erat. akhirnya Kang Ma Roo tertusuk oleh si Min Young demi melindungi Eun Gi. Namun Eun Gi tak menyadari sedikit pun bahwa Kang Ma Roo ditusuk :( (kasian ma roo ia masih terlihat kuat meskipun telah tertusuk) . Eun Gi dan Ma Roo melepas kerinduan mereka berbincang-bincang, padahal Ma Roo sedang terluka (keren banget Ma Roo). Ma Roo menyuruh Eun Gi segera pulang ke rumah, setelah Eun Gi pulang Ma Roo berjalan menahan lukanya, ia mengeluarkan banyak darah akhirnya Kang Ma Roo tergeletak di jalanan tanpa sepengetahuan Eun Gi. Lalu cerita loncat ke 7 tahun kemudian, Eun Gi menjadi penjual kue dan Kang Ma Roo menjadi dokter akhirnya mereka dipertemukan kembali dan happy ending deh meskipun agak gantung :D

Saat menunggu pengacara park di RS


perutnya ditusuk tapi ma roo masih menahan


ah kasian maroo


Ending nice guy
saling tersenyum