Large Rainbow Pointer

RPP Pendekatan Interaktif

{ Rabu, 14 November 2012 }

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan pendidikan     : Sekolah Dasar
Mata pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ semester        : IV/ II
Alokasi waktu          : 2 x 35 menit


Standar Kompetensi
2. Mengenal SDA, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi.

Kompetensi Dasar
2.3. Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.

Indikator
1.   Mengidentifikasi jenis-jenis teknologi komunikasi
2.   Mengidentifikasi manfaat dari teknologi komunikasi
3.   Mengidentifikasi masalah-masalah dari teknologi komunikasi
4.   Memecahkan masalah-masalah teknologi komunikasi

Tujuan pembelajaran
1.      Melalui kegiatan pengamatan gambar, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis alat komunikasi dengan bahasanya sendiri
2.      Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan manfaat alat komunikasi  dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 5 jenis alat komunikasi masa lampau dan masa kini dengan tepat.
4.      Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menemukan masalah yang terkait dengan alat-alat komunikasi yaitu mengenai koran, majalah dan hand phone.
5.      Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat memecahkan masalah yang ada mengenai alat-alat komunikasi yaitu mengenai koran, majalah, dan hand phone .

 Materi pembelajaran

11.   Teknologi komunikasi zaman dulu

a.         Kentongan
        Kentongan ialah sebuah alat komunikasi yang digunakan orang zaman dulu. Alat ini digunakan dengan cara dipukul dengan menggunakan sebuah alat yang terbuat dari kayu/bambu. Kentongan dipakai misalnya untuk: memanggil warga desa melakukan kerja bakti,
b.        Telik sandi
       Telik sandi atau mata-mata adalah orang yang dipilih untuk mengintip atau menyusup masuk ke dalam pertahanan musuh. Tugas utamanya adalah mencari tahu kekuatan dan kelemahan musuh
c. Kurir
       Selain kentongan, orang zaman dulu berkomunikasi dengan menggunakan tenaga kurir. Kurir adalah orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. Pesan khusus itu bisa dalam bentuk surat atau lisan.
d. Tali Pohon
            Cara ini digunakan pada zaman penjajahan. Seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon yang lain. Tali itu menjadi alat komunikasi dari suatu tempat pengintaian ke perkampungan. Diujung tali diberi kaleng atau alat-alat yang bila ditarik akan mengeluarkan bunyi-bunyian.


2.      Teknologi  komunikasi saat ini
Pada dasarnya cara berkomunikasi itu ada dua macam, yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung.
a. Surat
Dengan selembar surat kita dapat menceritakan banyak hal. Kita dapat menceritakan pengalaman kita waktu berlibur di Bali. Kita dapat menceritakan kegembiraan kita waktu kita mendapat hadiah dari ayah.
b. Telegram
Telegram disebut juga surat kawat. Telegram ialah berita yang dikirim melalui telegraf. Berita yang kamu tulis pada telegram itu, hendaknya singkat namun jelas.
c.    Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang sering digunakan. Sistem pembicaraan melalui telepon ada yang disebut lokal dan ada juga interlokal. Telepon pertama dibuat pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell di Amerika Serikat.
b.  Radio
Radio adalah salah satu alat komunikasi yang efektif. Pada zaman dulu
semangat perjuanan dikobarkan melalui radio. Atas jasa Guglielmo Marconi, kita dapat menikmati siaran radio. Marconi itulah yang pertama kali menemukan radio.
c. televisi
Kita dapat melihat berbagai peristiwa yang terjadi di tempat yang jauh dari tempat tinggal kita melalui televisi. Televisi merupakan sarana komunikasi yang sangat penting karena menjadi sarana informasi dan hiburan.
d.  Media Cetak
Saat ini sangat banyak pilihan media cetak. Ada majalah atau koran yang terbit harian, mingguan, bulanan, atau tiga bulanan. Media cetak tersebut mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kita. Berbagai macam informasi dan pengetahuan bisa kita dapatkan apabila kita rajin membaca dari media cetak.
e. Internet
Zaman sekarang sudah ada alat komunikasi yang lebih canggih lagi. Alat komunikasi itu bernama internet. Peralatan yang dipakai untuk berkomunikasi melalui internet adalah komputer. Melalui internet itu kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim atau menerima gambar, mengirimatau menerima surat melalui e-mail, dan lain-lain.

Metode dan pendekatan pembelajaran
Metode          :    Tanya jawab, diskusi, latihan, dan demonstrasi
Pendekatan    :    Interaktif

Kegiatan Pembelajaran
A.     
Bentuk Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Pendahuluan
-      Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
-      Mengkondisikan kelas agar kondusif dan berdo’a bersama-sama dengan siswa.
-      mengecek kehadiran siswa.
-      Menyampaikan apersepsi.
-      Menyampaikan tujuan pembelajaran
-         Menjawab ucapan salam.

-         Berdo’a
Kegiatan Inti
Persiapan
-       Guru menganalisis kurikulum dan mencari sumber-sumber tentang alat-alat komunikasi
-          Siswa memperhatikan
Pengetahuan Awal
-       Melakukan Tanya jawab dengan siswa mengenai alat-alat komunikasi
-          Menjawab dan menanggapi pertanyaan yang diajukan guru.
Eksplorasi
-        Guru menunjukan gambar dan  alat-alat komunikasi.
-          Siswa mengamati



Pertanyaan siswa
-   Guru memberikan kesempatan kepada untuk bertanya mengenai masalah-masalah alat-alat komunikasi yaitu tentang koran, majalah, dan hand phone
-        Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan siswa mengenai masalah tentang koran, majalah, dan hand phone di papan tulis.
-        Guru memilih pertanyaan yang akan didiskusikan oleh siswa.
-          Siswa bertanya








-       Siswa menyebutkan pertanyaannya




-          Siswa memilih pertanyaan
Penyelidikan
-        Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
-        Guru membagikan sumber bacaan untuk melakukan penyelidikan.
-        Guru membimbing siswa untuk memecahkan masalah.
-          Siswa menanggapi


-   Siswa menanggapi



-   Siswa secara berkelompok mendiskusikan masalah untuk menemukan solusi dari pertanyaan mengenai masalah yang ditemukan.
Pengetahuan akhir
-        Guru membimbing siswa untuk melaporkan hasil pekerjaanya.





-          Menyimpulkan pembelajaran
-          Siswa melaporkan hasil diskusi didepan kelas
-          Siswa membandingkan pengetahuan awalnya dengan hasil yang diperoleh saat diskusi.
-          Siswa menyimpulkan pembelajaran
Refleksi
-        Guru memberikan tugas mencari permasalahan tentang televisi
-          Siswa menanggapi.
Kegiatan Akhir
-        Guru memberikan soal evaluasi
-        Guru membahas soal evaluasi
-        Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a
-          Siswa mengerjakan soal evaluasi
-          Siswa menanggapi

-          Siswa menanggapi





Sumber dan media
Sumber :  1.   KTSP 2006 Ilmu Pengetahuan IPS Kelas IV
2.       P. Hisnu Tantya, Winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Media   :  1. Buku
2. Contoh-contoh alat komunikasi seperti koran, majalah, dan hand phone
3. Gambar alat komunikasi

Penilaian hasil belajar
            Prosedur          : Akhir
            Jenis Tes          : tertulis
            Bentuk Tes      : uraian
            Alat Tes           : Lembar soal           

Evaluasi hasil
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1.    Sebutkan 5 alat komunikasi masa kini yang kamu ketahui?
2.  Sebutkan manfaat alat komunikasi koran, majalah, dan hand phone dalam kehidupan sehari-hari?
3.   Apakah dampak negatif yang ditimbulkan dari handphone ?
4.    Agar hand phone dapat digunakan dengan baik, bagaimana sikap kita dalam menggunakan
hand phone?
5.   Apa masalah yang ditimbulkan dari majalah?



0 komentar:

Posting Komentar