RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
pendidikan : Sekolah Dasar
Mata pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ semester :
IV/ II
Alokasi waktu :
2 x 35 menit
Standar Kompetensi
2. Mengenal SDA, kegiatan ekonomi, dan
kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/ kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar
2.3. Mengenal
perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman
menggunakannya.
Indikator
1. Mengidentifikasi jenis-jenis teknologi
komunikasi
2. Mengidentifikasi
manfaat dari teknologi komunikasi
3. Mengidentifikasi
masalah-masalah dari teknologi komunikasi
4. Memecahkan
masalah-masalah teknologi komunikasi
Tujuan pembelajaran
1.
Melalui kegiatan pengamatan gambar, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis alat komunikasi dengan
bahasanya sendiri
2.
Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan manfaat alat
komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Melalui
kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 5 jenis alat komunikasi masa
lampau dan masa kini dengan tepat.
4.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menemukan masalah yang terkait dengan alat-alat
komunikasi yaitu mengenai koran, majalah dan hand phone.
5.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat memecahkan masalah yang ada mengenai alat-alat komunikasi
yaitu mengenai koran, majalah, dan hand
phone .
Materi
pembelajaran
11. Teknologi
komunikasi zaman dulu
a.
Kentongan
Kentongan
ialah sebuah alat komunikasi yang digunakan orang zaman dulu. Alat ini
digunakan dengan cara dipukul dengan menggunakan sebuah alat yang terbuat dari
kayu/bambu. Kentongan dipakai misalnya untuk: memanggil warga desa melakukan
kerja bakti,
b.
Telik sandi
Telik sandi atau mata-mata adalah orang yang
dipilih untuk mengintip atau menyusup masuk ke dalam pertahanan musuh. Tugas utamanya
adalah mencari tahu kekuatan dan kelemahan musuh
c. Kurir
Selain kentongan, orang zaman dulu
berkomunikasi dengan menggunakan tenaga kurir. Kurir adalah orang yang ditunjuk
untuk membawa pesan khusus. Pesan khusus itu bisa dalam bentuk surat atau lisan.
d. Tali Pohon
Cara ini digunakan pada zaman penjajahan.
Seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon yang lain. Tali
itu menjadi alat komunikasi dari suatu tempat pengintaian ke perkampungan.
Diujung tali diberi kaleng atau alat-alat yang bila ditarik akan mengeluarkan
bunyi-bunyian.
2.
Teknologi
komunikasi saat ini
Pada
dasarnya cara berkomunikasi itu ada dua macam, yaitu komunikasi langsung dan
komunikasi tidak langsung.
a. Surat
Dengan
selembar surat kita dapat menceritakan banyak hal. Kita dapat menceritakan
pengalaman kita waktu berlibur di Bali. Kita dapat menceritakan kegembiraan
kita waktu kita mendapat hadiah dari ayah.
b. Telegram
Telegram disebut juga surat kawat. Telegram
ialah berita yang dikirim melalui telegraf. Berita yang kamu tulis pada
telegram itu, hendaknya singkat namun jelas.
c.
Telepon
Telepon
merupakan alat komunikasi yang sering digunakan. Sistem pembicaraan melalui
telepon ada yang disebut lokal dan ada juga interlokal. Telepon
pertama dibuat pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell
di Amerika Serikat.
b. Radio
Radio adalah salah satu alat komunikasi yang efektif. Pada zaman dulu
semangat perjuanan dikobarkan melalui radio. Atas jasa Guglielmo
Marconi, kita dapat menikmati siaran radio. Marconi itulah yang pertama
kali menemukan radio.
c. televisi
Kita
dapat melihat berbagai peristiwa yang terjadi di tempat yang jauh dari tempat
tinggal kita melalui televisi. Televisi merupakan sarana komunikasi yang sangat
penting karena menjadi sarana informasi dan hiburan.
d. Media Cetak
Saat
ini sangat banyak pilihan media cetak. Ada majalah atau koran yang terbit
harian, mingguan, bulanan, atau tiga bulanan. Media cetak tersebut mempunyai
manfaat yang sangat besar bagi kita. Berbagai macam informasi dan pengetahuan
bisa kita dapatkan apabila kita rajin membaca dari media cetak.
e. Internet
Zaman
sekarang sudah ada alat komunikasi yang lebih canggih lagi. Alat komunikasi itu
bernama internet. Peralatan yang dipakai untuk berkomunikasi melalui internet
adalah komputer. Melalui internet itu kita dapat berkomunikasi dengan orang
lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim atau menerima
gambar, mengirimatau menerima surat melalui e-mail, dan lain-lain.
Metode
dan pendekatan pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi, latihan, dan demonstrasi
Pendekatan :
Interaktif
Kegiatan Pembelajaran
A.
Bentuk Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Pendahuluan
|
- Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam.
- Mengkondisikan
kelas agar kondusif dan berdo’a bersama-sama dengan siswa.
- mengecek
kehadiran siswa.
- Menyampaikan
apersepsi.
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
-
Menjawab ucapan salam.
-
Berdo’a
|
Kegiatan Inti
Persiapan
|
- Guru menganalisis kurikulum dan mencari sumber-sumber
tentang alat-alat komunikasi
|
-
Siswa memperhatikan
|
Pengetahuan Awal
|
- Melakukan
Tanya jawab dengan siswa mengenai alat-alat komunikasi
|
-
Menjawab dan menanggapi
pertanyaan yang diajukan guru.
|
Eksplorasi
|
-
Guru menunjukan gambar dan
alat-alat komunikasi.
|
-
Siswa mengamati
|
Pertanyaan siswa
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada untuk bertanya mengenai masalah-masalah alat-alat komunikasi yaitu
tentang koran, majalah, dan hand phone
-
Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan siswa mengenai masalah tentang
koran, majalah, dan hand phone di
papan tulis.
-
Guru memilih pertanyaan yang akan didiskusikan oleh siswa.
|
-
Siswa bertanya
-
Siswa menyebutkan pertanyaannya
-
Siswa memilih pertanyaan
|
Penyelidikan
|
-
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
-
Guru membagikan sumber bacaan untuk melakukan penyelidikan.
-
Guru membimbing siswa untuk memecahkan masalah.
|
-
Siswa menanggapi
- Siswa menanggapi
- Siswa secara berkelompok mendiskusikan masalah untuk menemukan solusi
dari pertanyaan mengenai masalah yang ditemukan.
|
Pengetahuan akhir
|
-
Guru membimbing siswa untuk melaporkan hasil pekerjaanya.
-
Menyimpulkan pembelajaran
|
-
Siswa melaporkan hasil diskusi didepan kelas
-
Siswa membandingkan pengetahuan awalnya dengan hasil yang diperoleh saat
diskusi.
-
Siswa menyimpulkan pembelajaran
|
Refleksi
|
-
Guru memberikan tugas mencari permasalahan tentang televisi
|
-
Siswa menanggapi.
|
Kegiatan Akhir
|
-
Guru memberikan soal evaluasi
-
Guru membahas soal evaluasi
-
Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a
|
-
Siswa mengerjakan soal evaluasi
-
Siswa menanggapi
-
Siswa menanggapi
|
Sumber dan media
Sumber :
1. KTSP 2006 Ilmu Pengetahuan
IPS Kelas IV
2.
P. Hisnu Tantya, Winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
Media
: 1. Buku
2. Contoh-contoh alat komunikasi seperti koran, majalah, dan hand phone
3. Gambar alat komunikasi
Penilaian hasil belajar
Prosedur : Akhir
Jenis Tes : tertulis
Bentuk Tes : uraian
Alat
Tes : Lembar soal
Evaluasi
hasil
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1. Sebutkan 5 alat komunikasi masa kini yang kamu ketahui?
2. Sebutkan manfaat alat komunikasi koran, majalah, dan hand phone dalam kehidupan sehari-hari?
3. Apakah dampak negatif yang ditimbulkan dari handphone ?
4. Agar hand phone dapat digunakan dengan baik, bagaimana sikap kita dalam menggunakan
hand phone?
5. Apa masalah yang ditimbulkan dari majalah?
1. Sebutkan 5 alat komunikasi masa kini yang kamu ketahui?
2. Sebutkan manfaat alat komunikasi koran, majalah, dan hand phone dalam kehidupan sehari-hari?
3. Apakah dampak negatif yang ditimbulkan dari handphone ?
4. Agar hand phone dapat digunakan dengan baik, bagaimana sikap kita dalam menggunakan
hand phone?
5. Apa masalah yang ditimbulkan dari majalah?
0 komentar:
Posting Komentar