Large Rainbow Pointer

Kajian Surat At-takwir ayat 25 (QS 81 :25)

{ Rabu, 19 Desember 2012 }

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS CIBIRU

Tugas Tutorial


2.1 Isi ayat
وَمَاهُوَبِقَوْلِشَيْطَانٍرَجِيمٍ

2.2 Terjemahan
 Dan Al quran itu bukanlah perkataan syaitan yang terkutuk

2.3 Tafsir
"Dan bukanlah dia itu." (pangkal ayat 25). Dia di sini ialah al-Quran sebagai wahyu yang didatangkan dari langit dengan perantaraan Jibril yang amat dipercaya itu; bukanlah dia itu "Perkataan syaitan yang terkutuk." (ujung ayat 25). Atau yang kena rejam. Dan ada juga yang menafsirkan ayat tersebut perkata.
Dan bukanlah                   وَمَا
Ia (al-quran)              هُوَ
 Adalah perkataan       بِقَوْلِ
Setan                   شَيْطَانٍ
(yang) terkutuk           رَجِيمٍ

Surah At-Takwir (Arab: التّكوير , "Menggulung") adalah surah ke-81 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surat Makkiyah, terdiri atas 29 ayat. Dinamakan At Takwiir yang berarti terbelah dari kata dasar kata ‘’kuwwirat’’ yang terdapat pada ayat pertama .  Pokok-Pokok Isi surat at-takwir :

  • Kegoncangan-kegoncangan yang terjadi pada hari kiamat
  • Pada hari kiamat setiap makhluk akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya ketika di dunia
  • Al Quran adalah firman Allah yang disampaikan melalui perantaran malaikat Jibril
  • Penegasan atas kenabian Muhammad s.a.w.
  • Al Quran sumber petunjuk bagi umat manusia yang menginginkan hidup lurus
  • Suksesnya manusia dalam mencapai kehidupan yang lurus itu tergantung kepada taufiq dari Allah

2.4 asbabun nuzul
Asbābun Nuzūl (Arab: اسباب النزول, Sebab-sebab Turunnya (suatu ayat)) adalah ilmu Al-Qur'an yang membahas mengenai latar belakang atau sebab-sebab suatu atau beberapa ayat al-Qur'an diturunkan. Namun tidak semua ayat ada asbabun nuzulnya. Termasuk surat at-takwir ayat 25. Dalam surat at-takwir hanya ayat 28 dan 29 yang memiliki asbabun nuzul . hal ini menurut menurut kitab lubabuNuqul fii asbaab annuzul  karya suyuthi.

2.5 Kajian Keilmuan
            Semua ayat yang ada dalam Al-Quran adalah kalam Allah, kita sebagai umat islam harus yakin bahwa Al-Quran itu perkataan Allah bukan perkataan setan, jangan pernah ada keraguan sedikit pun tentang hal ini. Orang-orang yang Termasuk beriman kepada Allah dan kepada kitab-kitab Allah ialah, beriman bahwa al-Qur`an Kalam Allah yang diturunkan dan bukan makhluk. Dari Allah al-Qur`an bermula dan kepada-Nya ia akan kembali. Dan sesungguhnya, Allah berbicara dengan al-Qur`an ini secara hakiki.
 Sesungguhnya al-Qur`an yang telah Allah turunkan kepada Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam ini adalah perkataan Allah yang sebenarnya, bukan perkataan selain-Nya. Tidak boleh melepaskan kata-kata bahwa al-Qur`an adalah hikayat dari kalam Allah atau ungkapan tentang kalam Allah. Bahkan apabila manusia membacanya atau menuliskannya dalam mushaf-mushaf, al-Qur`an tetap tidak keluar dengan demikian dari keadaannya sebagai kalam Allah yang sebenarnya. Sesungguhnya suatu perkataan hanya akan disandarkan secara hakiki kepada yang sejak semula mengatakannya, dan tidak disandarkan kepada orang yang mengatakannya sebagai penyampai. Al-Qur`an adalah kalam Allah; baik huruf-hurufnya maupun makna-maknanya. Kalam Allah bukan hanya huruf-huruf saja tanpa makna, dan bukan pula makna-makna saja tanpa huruf.




Daftar Pustaka 




0 komentar:

Posting Komentar